Logo Blog

JABATAN FUNGSIONAL PNS

Permendikbud Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan

Permendikbud Ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan SD SMP SMA SMK Sederajat
Permendikbud Ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian 


Berdasarkan Permendikbud Ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat yang dimaksud Standar Penilaian Pendidikan adalah kriteria minimal mengenai mekanisme penilaian hasil belajar peserta didik.

 

Mekanisme Penilaian hasil belajar Peserta Didik dilakukan sesuai dengan tujuan Penilaian secara berkeadilan, objektif, dan edukatif. Penilaian hasil belajar secara berkeadilan merupakan Penilaian yang tidak bias oleh latar belakang, identitas, atau kebutuhan khusus Peserta Didik.

 

Penilaian hasil belajar secara objektif merupakan Penilaian yang didasarkan pada informasi faktual atas pencapaian perkembangan atau hasil belajar Peserta Didik.

 

Penilaian hasil belajar secara edukatif merupakan Penilaian yang hasilnya digunakan sebagai umpan balik bagi Pendidik, Peserta Didik, dan orang tua untuk meningkatkan proses pembelajaran dan hasil belajar.

 

Meknasime prosedur penilaian hasil belajar disesuaikan dengan karakteristik jalur, jenjang, dan jenis satuan pendidikan. Meknasime prosedur penilaian hasil belajar peserta didik meliputi: a) perumusan tujuan penilaian; b) pemilihan dan/atau pengembangan instrumen penilaian; c) pelaksanaan penilaian; d) pengolahan hasil penilaian; dan e) pelaporan hasil penilaian.

 

 

a) perumusan tujuan penilaian

Perumusan tujuan penilaian memperhatikan keselarasan dengan tujuan pembelajaran yang merujuk pada kurikulum yang digunakan satuan pendidikan. Hasil perumusan tujuan dimuat dalam perencanaan pembelajaran.

 

b) pemilihan dan/atau pengembangan instrumen penilaian

Pemilihan dan/atau pengembangan instrumen penilaian dilaksanakan oleh pendidik dengan: 1) mempertimbangkan karakteristik kebutuhan peserta didik; dan 2) berdasarkan rencana penilaian yang termuat dalam perencanaan pembelajaran.

 

c) pelaksanaan penilaian

Pelaksanaan penilaian dapat dilakukan sebelum, pada saat, dan/atau setelah pembelajaran.

 

d) pengolahan hasil penilaian

Pengolahan hasil penilaian dilakukan dengan menganalisis secara kuantitatif dan/atau kualitatif terhadap data hasil pelaksanaan penilaian yang berupa angka dan/atau deskripsi.

 

e) pelaporan hasil penilaian.

Pelaporan hasil Penilaian dituangkan dalam bentuk laporan kemajuan belajar. Laporan kemajuan belajar berupa laporan hasil belajar yang disusun berdasarkan pengolahan hasil Penilaian. Laporan hasil belajar paling sedikit memuat informasi mengenai pencapaian hasil belajar Peserta Didik.

Selain memuat informasi di atas, laporan hasil belajar untuk pendidikan anak usia dini juga memuat informasi mengenai pertumbuhan dan perkembangan anak.

Laporan hasil belajar tertuang dalam rapor atau bentuk laporan hasil Penilaian lainnya.

 

Penilaian hasil belajar peserta didik dengan prosedur berbentuk penilaian formatif; dan penilaian sumatif. Penilaian formatif dilaksanakan pada pendidikan anak usia dini, jenjang pendidikan dasar, dan jenjang pendidikan menengah. Penilaian sumatif dilaksanakan pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah.

 

Penilaian formatif bertujuan untuk memantau dan memperbaiki proses pembelajaran serta mengevaluasi pencapaian tujuan pembelajaran. Penilaian formatif dilakukan dengan mengumpulkan informasi mengenai: a) Peserta Didik yang mengalami hambatan atau kesulitan belajar; dan b) perkembangan belajar Peserta Didik.

 

Informasi hasil penilaian format digunakan sebagai umpan balik bagi: a) Peserta Didik untuk mengembangkan kemampuan dalam memonitor proses dan kemajuan belajar sebagai bagian dari keterampilan belajar sepanjang hayat; dan b) Pendidik untuk merefleksikan dan meningkatkan efektivitas pembelajaran.

 

Penilaian sumatif pada jenjang pendidikan dasar dan jenjang pendidikan menengah bertujuan untuk menilai pencapaian hasil belajar Peserta Didik sebagai dasar penentuan: a) kenaikan kelas; dan b) kelulusan dari Satuan Pendidikan. Penilaian pencapaian hasil belajar Peserta Didik melalui penilaian sumatif dilakukan dengan membandingkan pencapaian hasil belajar Peserta Didik dengan kriteria ketercapaian tujuan pembelajaran.

 

Dinyatakan dalam Permendikbud Ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat, bahwa penentuan kenaikan kelas dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain selama 1 (satu) tahun ajaran. Sedangkan penentuan kelulusan dari satuan pendidikan dilakukan dengan mempertimbangkan laporan kemajuan belajar yang mencerminkan pencapaian peserta didik pada semua mata pelajaran dan ekstrakurikuler serta prestasi lain pada:

a. kelas V dan kelas VI untuk sekolah dasar atau bentuk lain yang sederajat; dan

b. setiap tingkatan kelas untuk sekolah menengah pertama atau bentuk lain yang sederajat dan sekolah menengah atas atau bentuk lain yang sederajat.

 

Satuan Pendidikan menetapkan mekanisme penentuan kenaikan kelas dan kelulusan dari Satuan Pendidikan berdasarkan pedoman yang ditetapkan oleh kepala unit utama yang membidangi kurikulum dan asesmen.


Link download Permendikbudristek Nomor 21 Tahun 2022

 

Demikian informasi tentang Permendikbud Ristek Nomor 21 Tahun 2022 Tentang Standar Penilaian Pendidikan TK PAUD SD SMP SMA SMK Sederajat. Semoga ada manfaatnya

= Baca Juga =


Tidak ada komentar:

Posting Komentar